Lawang Kidul, Humas

Tahun ajaran 2020/2021 resmi dilaksanakan pada tanggal 13 juli 2020. Meski masih dalam keadaan pandemi,tahun ajaran baru tetap dilaksanakan sesuai dengan keputusan yang dikeluarkan Kementerian pendidikan yang diikuti juga oleh Kementerian Agama. Namun system pengajaran ( kurikulum) yang semula tatap muka pada masa normal, diganti dengan system pelajaran jarak jauh (Daring). Untuk memastikan pemakaian kurikulum daring yang akan digunakan tepat waktu maka waka kurikulum MTs N 2 MUara Enim pastikan setiap guru serahkan RPP tersebut.

Saat ini negara kita masih dalam keadaan pandemi Covid 19 yang membuat adanya perubahan pada kurikulum. Pada masa normal kurikulum yang digunakan secara tatap muka atau langsung. Namun ketika pandemic ini terjadi maka pemerintah memutuskan untuk mengubah kurikulum tersebut. Dalam membantu pemerintah memutuskan rantai penyebaran virus Covid 19 ini. Kementerian Agama menetapkan setiap lembaga pendidikan dibawah naungannya menggunakan media pembelajaran E – Learning. Kepala MTs N 2 MUara Enim Bapak  Abuddarda, S. Pd  melalui wakil kurikulum Ibu Sundari, S. Pd mewajibkan setiap guru untuk membuat Rencana Pengajaran Daring. RPP ini dibuat untuk melancarkan kegiatan Belajar dan Mengajar(KBM) berjalan tepat waktu  . Pembuatan RPP ini sebelum sudah disosialisaikan kepada seluruh guru di madrasah pada Hari Kamis(2/06/2020).

Sundari mengatakan hal ini dilakukan untuk menghindari tindakan korupsi waktu di MTs N 2 Muara Enim. Sehingga ketika Masa Taa’ruf Siswa/I Madrasah berakhir, KBM dapat brjalan sesuai dengan jadwal. Lebih lanjut Sundari mengatakan RPP yang dibuat tidak mempersulit siswa/I.  Selain menggunakan E- Learning siswa/I juga dapat mengakses KBM melalui group Wa yang dibentuk oleh paguyuban kelas masing-masing yang sudah terbentuk. KBM yang dilakukan disesuaikan dengan RPP yang diberikan kepada orang tua siswa/i. yang selanjutnya  hasil dari tugas akan dikumpulkan oleh orang tua masing-masing di madarsah pada awal bulan. Selanjutnya Sundari berharap meski dalam keadaan Pandemi ini, KBM Daring ini dapat berjalan dengan lancar. (RL)