Lawang Kidul, Inmas

Siswa MTs Negeri 2 Muara Enim menyulap ranting pohon menjadi bingkai foto yang dibina langsung oleh guru Prakarya Eliza Afayana, S.Pd pada pukul 13.00 WIB di ruang kelas IX C MTs Negeri 2 Muara Enim. (Selasa, 18/9)

Ranting kayu merupakan anak cabang pada sebuah pohon. Saat ini bahan kayu (ranting, papan, dan balok kayu) dapat diolah menjadi produk yang beraneka ragam. Kali ini, di tangan siswa kelas IX C dapat menyulap ranting pohon menjadi bingkai foto.

Saat ditemui Eliza berharap siswanya dapat memanfaatkan bahan limbah di lingkungan sekitar yang masih bisa diproses dengan mengubahnya menjadi produk kerajinan yang berguna. “Sekarang ini nyaris semua limbah (barang sisa) bisa dipakai menjadi kerajinan tangan, tidak terkecuali dengan ranting pohon. Banyak karya berbahan ranting pohon yang bisa dibuat, salah satunya yaitu bingkai foto seperti ini”, ujar Eliza.

Destriana salah seorang siswa kelas IX C mengatakan bahwa ia baru mengetahui bahwa dari ranting pohon dapat disulap menjadi bingkai foto. “Selama ini sering melihat limbah organik berupa ranting pohon tetapi tidak tau harus mengubahnya menjadi apa. Dengan materi bahan keras alam ini, saya baru menyadari hampir semua limbah baik alam maupun buatan dapat diubah menjadi suatu produk karya kerajinan”, ungkap Destri.

Melalui kegiatan ini, Eliza berharap dapat menambah wawasan siswa dan memotivasi mereka agar dapat berkreasi dengan barang limbah hingga bisa menjadi produk yang memiliki nilai jual dan nilai seni. (Ez)