Lawang Kidul, Inmas

Puluhan siswa MTs Negeri 2 Muara Enim berkreasi mengikuti lomba kaligrafi di Mushollah At Tholibin MTs Negeri 2 Muara Enim dalam rangka memperingati 1 Muharam 1440 H. Lomba ini berdurasi selama 180 menit, yang dimulai pada pukul 10.00 WIB. Senin, (10/9).

Lomba kaligrafi ini diikuti sebanyak 48 peserta yang merupakan perwakilan dari seluruh kelas VII, VIII dan IX. Masing – masing kelas mengutus dua orang peserta lomba, yaitu satu putra dan satu putri.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam kriteria penilaian lomba kaligrafi hari ini. Sebagaimana yang dijelaskan oleh salah satu juri kaligrafi Rosihan Anwar, S.Pd.I “Ada beberapa kriteria penilaian yang harus diperhatikan peserta lomba kaligrafi, yaitu yang pertama penulisan huruf, ayat dan baris harus benar. Kriteria yang kedua, teknik penulisan kaligrafi minimal naskhi atau shulus, dan yang terakhir harus menggunakan kreasi figuran.” Kata salah satu juri tersebut.

Alpisahria, S.Ag ketua panitia pelaksana lomba mengatakan festival seni kaligrafi ini digelar dalam rangka turut memeriahkan Tahun Baru Islam 1440 H / 2018. “Dalam lomba, para peserta menuangkan kreasinya dengan menulis kaligrafi surat Al – Kautsar Ayat 1-3. Masing – masing peserta menyiapkan sendiri peralatan yang diperlukan.” tutur Alpi.

Dengan lomba kaligrafi ini diharapkan dapat menggali potensi siswa pada bidang seni kaligrafi dan menanamkan jiwa seni dan budaya Qurani. (Ez)