Lawang Kidul, Humas.

Penyuluhan ini dilaksanakan seusai Muhadrah lapangan selesai. Penyuluhan ini dilakukan oleh Emawati dari Puskesmas Tanjung Enim. Pada saat itu, beliau menjelaskan tentang cara hidup sehat dan menjelaskan tentang penyakit kurang darah (Anemi) . Kegiatan ini berlangsung di lapangan utama MTs Negeri 2 Muara Enim. Pada pukul 08.00 WIB. Jum’at, (28/02).

Penyuluhan ini dilakukan untuk menjelaskan tentang beberapa penyakit, gejala, dan cra mengobatinya, terutama untuk menyakit anemia terkhusus untuk siswi yang sering mestruasi. Dalam penyuluhan ini siswi juga diberi obat penambah darah sebagai cara pencegahan penyakit itu.

Seperti yang kita ketahui Penyakit anemia merupakan kondisi ketika jumlah sel darah merah lebih rendah dari jumlah normal. Selain itu, anemia terjadi ketika hemoglobin di dalam sel-sel darah merah tidak cukup, seperti protein kaya zat besi yang memberikan warna merah darah. Protein ini membantu sel-sel darah merah membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Saat penyuluhannya mengatakan beberapa gejala dari penyakit anemia, “Beberapa gejala dari penyakit anemia yang harus diketahui para siswi adalah Warna biru hingga putih pada mata,kuku menjadi rapuh, muncul keinginan untuk makan es batu, tanah, atau hal-hal lain yang bukan makanan (kondisi ini disebut juga “pica”), pusing ketika berdiri, warna kulit pucat, sesak napas, lidah terasa sakit.

Kegiatan ini bertujuan agar tidak terjadinya penyakit anemi pada remaja sekarang,agar siswa tidak salah makan seperti makan model, bakso dan mie, haru memakan makanan yang bergizi seperti makan nasi, sayur, buah buahan, dan daging.

“Saya berharap semoga bermanfaat dengan adanya penyuluhan tentang kesehatan ini bagi seluruh para siswa MTs Negeri 2 Muara Enim, semoga siswa bisa menerapkan hidup sehat agar terhindar dari penyakit yang salah satu nya penyakit anemia dan saya berharap semoga disekolah MTs Negeri 2 Muara Enim tidak ada yang terkena penyakit anemia”.NES(Nisya, Enjel, Sefty/TJRMTsN2ME).