Lawang Kidul, Humas

Di tengah pandemi covid-19, warga madrasah tetap jalankan tugas masing-masing. Tentunya saat menjalankan tugas, warga madrasah menerapkan protokol yang ada. Termasuk guru madrasah, tetap menjalankan tugasnya sebagaimana mestinya secara online baik melalui e-learning maupun WA. Salah satunya adalah melaksanakan PAT (Penilaian Akhir Tahun) secara online mulai 2 Juni s.d 9 Juni 2020. Pasca PAT online maka guru mulai mengisi nilai ke dalam ARD (Aplikasi Rapor Digital). Begitupun Nining Kurnia, S. Pd. yang merupakan salah satu guru IPA terlihat sedang mengisi nilai ke dalam ARD di ruang lab komputer (Senin, 15/06).

Sebelum PAT online dilaksanakan, Sundari, S. Pd. selaku wakil urusan kurikulum melalui rapat persiapan PAT online menginformasikan bahwa bila PAT online sudah dilaksanakan, maka guru mapel diharapkan segera mengisi nilai harian dan nilai akhir ke dalam ARD. Hal ini bertujuan agar pengisian nilai ke dalam ARD dapat selesai tepat waktu.

Tak lupa Sundari mengingatkan bila nilai telah lengkap terisi, maka tiap kelas memiliki operator masing-masing dalam hal proses print out rapor. Untuk kelas VII, operator yang bertanggung jawab adalah Septian Pratama BS, S. Kom., kelas VIII, Royen Suhendra dan kelas IX, Ali Kodri. Dengan demikian wali kelas langsung bisa berkoordinir dengan operator secara langsung bila proses print out telah siap dilakukan.

Tentunya sebelum dilakukan print out, wali kelas harus mengecek dengan teliti mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan peserta didiknya. Termasuk memperhatikan legger. Hal ini dikarenakan, nantinya saat rapat penentuan kenaikan kelas, legger merupakan gambaran kondisi peserta didik di kelas masing-masing sebagai bahan diskusi saat rapat tersebut.

“Saya berharap, setelah saya informasikan secara detail mengenai proses PAT online hingga pengisian rapor, maka guru dapat melaksanakannya dengan baik. Baik sebagai guru mapel, pembina ekstrakurikuler maupun wali kelas. Guru mapel, mohon disegerakan mengisi nilai harian dan akhir bila PAT telah usai. Agar proses ini bisa selesai tepat waktu”lanjut Sundari. (NK)