Lawang Kidul, Humas

Riaq adalah sifat yang terlalu bangga akan apa yang kita miliki. Harta,kecantik dan kepintaran jika tidak disyukuri akan membuat kita bersikap riaq. Untuk menghindari sifat tersebut, pada muhadaroh kelas setiap wali kelas mengajak siswa/i mereka untuk menjauhi sifat riaq.

Kekayaan, kepintaran, kecantikan/kegantengan dan jabatan kadang menjebak kita dalam bersosialisasi ditengah masyarakat. Tanpa sadar kita bersikap memamerkan apa yang kita miliki. Untuk menghindari sifat riaq pada muhadaroh kelas hari Jumat(21/02/2020) wali kelas memberikan dan menanamkan perbuatan untuk menjauhi riaq dikalangan siswa/i MTs N 2 Muara Enim. Perilaku riaq jika terjadi dikalangan siswa/i akan berdampak pada pendidikan dan sosialisasinya dilingkungan kelas khususnya dan dilingkungan madrasah pada umumnya. Karena mereka akan melakukan tindakan negatif untuk menyamai teman-teman mereka. Mereka akan menuntut orang tua untuk juga bisa sama dengan temannya yang lain. Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi mereka dapat melakukan tindakan kriminal seperti mencuri.

Saat ditemui selesai mengadakan muhadaroh kelas, Ibu Miftah selaku wali kelas 8.a menyampaikan materi yang dipilih ini sangat berguna dalam membimbing siswa/i yang ada dikelasnya. Dengan pemberian materi ini mereka sadar jika mereka memiliki kelebihan dibanding teman-teman mereka harus memanfaatkan untuk kebaikan bukan malah memamerkannya. Karena jika itu mereka lakukan tanpa sadar mereka melakukan dosa yang dibenci oleh ALLAH SWT. (Tim Jurnalis)