Lawang Kidul, Inmas

Dilansir dari www.nesabamedia.com bahwa Edmodo sangatlah membantu sekali dalam proses pembelajaran. Edmodo menyediakan cara yang aman dan mudah untuk membangun kelas virtual berdasarkan pembagian kelas layaknya di sekolah. Desain tampilan yang dimiliki Edmodo hampir sama dengan desain tampilan Facebook.

Dengan Edmodo, guru/ dosen dapat mengirim nilai, tugas, maupun kuis untuk siswa/ mahasiswa dengan mudah. Bukan hanya proses belajar mengajar antara murid dan guru yang semakin dimudahkan, guru pun dapat saling berdiskusi dengan guru-guru lainnya yang berada di belajan dunia lain, berbagi pengalaman mengajar, dan sebagainya.

Dalam penggunaan Edmodo, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti kode khusus untuk setiap kelas/ grup. Jika siswa ingin bergabung pada suatu grup, maka siswa terlebih dahulu mengetahui kode khusus grup tersebut. Untuk itulah setelah melakukan pembelajaran dengan metode observasi secara langsung, membuat display, dan peta konsep, akhirnya beberapa hari yang lalu, Kenny Septia Anugerah, S. Pd., guru mapel IPA Terpadu di MTs N 2 Muara Enim tertarik untuk melakukan pembelajaran IPA Terpadu dengan memanfaatkan jaringan sosial Edmodo.

Beliau telah mempersiapkan kuis sebagai bahan pembelajaran IPA Terpadu untuk kelas online yang diajarnya. Setelah dipastikan bahan yang dipersiapkannya telah selesai, Kenny Septia Anugerah, S. Pd., Rabu (28/8) bersama kelas IX melaksanakan pembelajaran IPA Terpadu dengan memanfaatkan jaringan sosial Edmodo tersebut.

Ketika ditemui, beliau berharap “Saya berharap, dengan memanfaatkan jaringan sosial Edmodo dalam pembelajaran IPA Terpadu, siswa/i selain bertambah pengetahuannya tentang mata pelajaran IPA Terpadu, juga bertambah pengetahuannya tentang manfaat jaringan sosial sebagai media pembelajaran” (NK)