Lawang Kidul, Inmas

Siswa kelas IX. C MTs negeri 2 Muara Enim mempelajari Seni Budaya Lokal Bernuansa Islami. Kegiatan ini dilakukan di laboratorium komputer pada pukul 13.00 WIB dipandu oleh Alpisahriah, S.Ag selaku guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Rabu, (13/2).

Alpi menjelaskan dan memperliihatkan beberapa tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara yang memiliki nilai Islami, diantaranya yaitu, wayang, hadrah dan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, Qasidah, Tari Zapin, Mauludan, Didong, Sekaten, Pesta Tabuik, Rebo Wekasan, Burdah Pengayaman dan beberapa video yang telah ditonton berkaitan dengan tradisi dan upacara adat kesukuan nusantara.

Tujuan dari kegiatan ini adalah agar siswa-siswi MTs Negeri 2 Muara Enim lebih mengenal dan memahami tradisi upacara adat kesukuan nusantara, mengahargai tradisi dan keberagaman adat kesukuan nusantara.

Hesti Inka Zareta, salah seorang siswi kelas IX. C mengatakan bahwa ia sangat senang telah menyaksikan tradisi dan upacara adat kesukuan nusantara melalui media audio visual. Menurutnya, melalui media tersebut penyampaian materi tersampaikan dengan jelas dan mudah memahaminya karena diberikan contoh secara langsung.

“Saya sangat senang telah menyaksikan beberapa video tradisi dan upacara adat kesukuan nusantara yang telah ditampilkan melalui media audio visual tadi. Penyampaian materi tersampaikan dengan jelas dan mudah dipahami”, ungkap Hesti.

Melalui media audio visual ini diharapkan agar siswa-siswi lebih mengenal dan paham akan seni budaya lokal yang bernuansa Islami. “Saya berharap agar siswa-siswi MTs Negeri 2 Muara Enim bisa lebih mengenal seni budaya lokal yang bernuansa Islami, memahami bentuk seni budaya lokal, serta bisa menghargai tradisi dan berbagai adat kesukuan nusantara”, harap Alpi. (CEN/TJR MTsN 2 M.E).