Lawang Kidul, Inmas

Majalah dinding atau yang biasa dikenal dengan mading adalah saah satu jenis media komunikasi sederhan yang penyajiannya dilakukan dengan cara ditempelkan ke dinding. Sebagai media komunikasi, MTs N 2 Muara Enim mewajibkan siswa-siswi setiap kelas untuk menyampaikan informasi dan pesan lewat mading secara bergilir.

Selasa (8/10) salah satu mading dari kelas VIII.F telah terpajang di dalam kotak mading yang berlokasi di depan Laboratorium IPA MTs N 2 Muara Enim. Dalam mading tersebut, tercantum beberapa karya siswa, resep makanan dan poster.

Saat diwawancarai, sekretaris kelas VIII.F, Meza Zahra, mengungkapkan mading milik kelasnya dikerjakan bersama-sama saat jam istirahat kelas. “Kami mengerjakannya bersama-sama di kelas saat jam istirahat kelas. Topik utama mading kelas kami adalah mencegah narkoba. Oleh sebabnya, poster ajakan menjauhi narkoba ini kami buat cukup besar agar dapt terbaca dari jarak yang cukup jauh.”

Ditempat terpisah, walikelas VIII.F, Kenny Septia, S.Pd. membenarkan hal tersebut. “Memang betul, anak-anak membuat mading secara mandiri dengan pesan untuk menjauhi narkoba di dalamnya. Hal ini diangkat dengan isu nasional terkait darurat narkoba di Indonesia. Semoga dengan adanya poster ini, anak-anak dapat menjauhi narkoba.” (KSA)