Lawang Kidul, Inmas

Berbagai metode , pembelajaran digunakan oleh WI (Widya Iswara) dalam menyampaikan materinya kepada peserta Latsar CPNS gelombang dua. Hal ini dilakukan mengingat jadwal pembelajaran kegiatan Latsar CPNS ini cukup padat sehingga para peserta terkadang lelah dan terlihat mengantuk. Untuk menyikapi hal itu lah para WI berusaha se kreatif mungkin agar para peserta CPNS tetap aktif mengikuti pembelajaran yang diberikannya.

Begitupun yang dilakukan H. Gusman, M. Pd. Beliau adalah salah satu WI di Balai Diklat Keagamaan Palembang yang bertugas memberikan materi kepada peserta Latsar CPNS gelombang dua di asrama haji Palembang. Rabu(11/9) H. Gusman, M. Pd. memberikan materi kepada angkatan V mengenai Wawasan Kebangsaan dan Nilai-Nilai Bela Negara. Saat memberikan materi tersebut ia menggunakan metode brainstorming. Brainstorming disebut juga curah pendapat dimana WI mengawali pembelajaran dengan menampilkan tayangan yang bisa menimbulkan ide-ide terkait tayangan tersebut.

Tentunya tayangan itu berkaitan dengan materi yang akan disampaikan. Namun bisa juga langsung mengajukan pertanyaan sebagai apersepsi kepada peserta Latsar CPNS. Dari sini, mulailah para peserta diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya. Nining Kurnia, S. Pd. yang merupakan guru CPNS MTs N 2 Muara Enim di angkatan V terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan pembelajaran tersebut.

Ia selalu berusaha untuk menjawab dan menanggapi setiap pernyataan dan pertanyaan yang ada baik dari WI maupun dari sesama peserta. Bahkan ia berusaha menghubungkan tayangan video dengan materi yang diberikan oleh WI di akhir pembelajaran. Saat ditemui usai kegiatan pembelajaran, Nining berkata “Saya berusaha aktif dalam setiap pembelajaran. Karena saya berharap ketika mengikuti kegiatan pembelajaran, saya benar-benar memahaminya. Karena nantinya materi-materi ini lah yang bakal menjadi bekal saya dalam menjalankan tugas saya sebagai PNS”(NK)